Senin, 31 Agustus 2009

Ketika tangan dan Kaki Bicara






Lagu yang sangat menyentuh dari Chrisye,, dimana liriknya dibuat oleh Taufik Ismail.
Lirik lagu ini terinspirasi dari Surat Yasin ayat 65, yang berbunyi: A'udzubillahi minasy
syaithonirrojim. "Alyauma nakhtimu 'alaa afwahihim, wa tukallimuna aidhihim, wa tasyhadu arjuluhum bimaa kaanu yaksibuun"
Artinya: "Pada hari ini Kami akan tutup mulut mereka, dan tangan mereka akan berkata kepada Kami, da
n kaki mereka akan bersaksi tentang apa yang telah mereka lakukan."

Di dalam memoarnya yang dituliskan Alberthiene Endah, Chrisye Sebuah Memoar Musikal, 2007 (halaman 308-309), bertutur Chrisye:
"Lirik yang dibuat Taufiq Ismail adalah satu-satunya lirik dahsyat sepanjang karier, yang menggetarkan sekujur tubuh saya. Ada kekuatan misterius yang tersimpan dalam lirik itu. Liriknya benar-benar mencekam dan menggetarkan. Dibungkus melodi yang begitu menyayat, lagu itu bertambah susah saya nyanyikan! Di kamar, saya berkali-kal
i menyanyikan lagu itu. Baru dua baris, air mata saya membanjir. Saya coba lagi. Menangis lagi."

"Walau sudah ditenangkan Yanti dan Taufiq, tetap saja saya menemukan kesulitan saat mencoba merekam di studio. Gagal, dan gagal lagi. Berkali-kali saya menangis dan duduk dengan lemas. Gila! Seumur-umur, sepanjang sejarah karir saya, belum pernah saya merasakan hal seperti ini. Dilumpuhkan oleh lagu sendiri!"

"Butuh kekuatan untuk menyanyikan lagu itu. Erwin Gutawa sudah senewen karena tinggal 1 lagu itu yang belum selesai direkam. Hari terakhir menjelang ke Australia, saya lalu mengajak Yanti ke studio, menemani saya rekaman. Yanti sholat khusus untuk mendoakan saya. Dengan susah payah, akhirnya saya bisa menyanyikan lagu itu hingga selesai. Dan tidak ada take ulang! Tidak mungkin. Karena saya sudah menangis dan tak sanggup menyanyikannya lagi!"


Jadi jika sekarang Anda mendengarkan lagu ini, ini adalah suara Chrisye dengan getaran yang paling autentik, dan tak terulang! Jangankan menyanyikannya lagi, bila mendengarkan lagu itu saja, Chrisye berkata: rasanya ingin berlari!
Subhannallah,,,sungguh luar biasa penghayatan Chrisye terhadap hari pengadilan

*****


Pada subuh hari Jum'at, 30 Maret 2007, pukul 04.08, penyanyi legendaris Chrisye wafat dalam usia 58 tahun, setelah tiga tahun lebih keluar masuk rumah sakit, termasuk berobat di Singapura.
Semoga penyanyi yang lembut hati dan pengunjung setia masjid ini, tangan dan kakinya kelak akan bersaksi tentang amal salehnya serta menuntunnya memasuki Gerbang Hari Akhir yang semoga terbuka lebar baginya. Amin.


*****



Siapkah kita jika tangan dan kaki kita bersaksi atas perbuatan kita??





1 komentar:

Anonim mengatakan...

mudah2an kita siap menghadapinya, Pit,