Kamis, 01 Oktober 2009

Balada Si Berat Badan (Part I : Sejarah Perkembangan)


Selama kurang lebih 23 tahun aku hidup,,aku ini termasuk orang yang ga pernah pusing soal berat badan. Prinsipku, selama masih dalam batas wajar, gendut dikit ga masalah, malah seksi.hehe..
Dan kebetulan memang pas jaman sekolah dari SD mpe SMA, aku ini termasuk kurus singset langsing lho..^^
Baru setelah kuliah di jogja dan jadi anak kos,,badanku mule sedikit melar...sedikiiit...
Yah, paling banter 42 kg (dengan tinggi seratus lima puluh sekian cm)

Well,,proses penggendutanku baru dimulai pas kuliah semester 8.
Jadi ceritanya waktu itu sekitar bulan Mei tahun 2008 aku sakit Demam berdarah + tipes! Mengenaskan memang,,,gara2 sakit itu aku dirawat di rumah sakit selama 1 minggu.
Pada awalnya aku memang ga doyan makan,,tapi setelah akhir2 dan setelah keluar dari rumah sakit ntah kenapa nafsu makanku gila2an..
Mamahku tersayang juga malah sangat mendukung nafsu makanku dengan semakin menyediakan berbagai jenis makanan, minuman kesehatan dan buah-buahan..
"lagi masa penyembuhan.." begitu kata beliau.

Dan,, yah, seperti diduga berat badanku naik dan badanku melar.
Hmm,,tapi karena menurutku masih dalam batas normal aku ya cuek2 saja..malah lebih berisi lebih seksi menurutku..hehe..menurutku lho...
Gara-gara kejadian itu beratku naik jadi sekitar 44-45 kg.

Proses penggendutan kedua yang lebih parah terjadi sekitar akhir Juli atau awal Agustus di tahun yang sama. Pada masa itu,, di Jogja sedang terjadi yang namanya wabah penyakit hepatitis A! Jumlah mahasiswa dan anak kos di jogja yang terkena ratusan. Emang bener2 parah waktu itu,,dan ironisnya yang banyak terkena justru mahasiswa di lingkungan kampus kesehatan (KU,KG,Farmasi). Di kampusku sendiri kayanya jumlahnya yg paling banyak deh di antara kampus2 lainnya. Dosen2 pun banyak yang kena.

Aku yang pada waktu itu lagi sibuk skripsi jadi kurang memperhatikan kesehatan dan kurang istirahat pun akhirnya turut menjadi korban keganasan hepatitis A tersebut. Karena telat ditangani sakitku terbilang cukup parah, SGOP dan SGPT sampai lebih dari 2000!
Akhirnya aku dibawa pulang ke rumah dan dirawat sampai sekitar 1 bulanan.
Dan tau sendiri kan kalau hepatitis itu salah satu perawatannya dengan minum curcuma yang notabene penambah nafsu makan! Selain itu, karena terus menerus mual dan muntah jadi aku disuruh mengkonsumsi minuman manis terus byar ga lemes.. (sampai sudah sembuh pun kebiasaan ini masih kebawa)

Daaan....yap,,seperti sebelumnya,,berat badanku naik dan kali ini pemelaran bentuk badan cukup keterlaluan.. Beratku naik mencapai 47 kg!
Jadi diitung-itung dalam jangka waktu kurang lebih 3 bulan beratku naik 5 kg! (dengan tinggi badan yang tidak bertambah!)
Kesimpulannya ya kaya yang di iklan tuh,,tumbuh-ke-samping!

Sampai di titik itu,,aku masih belum begitu perduli sama badanku yang melar, walau semua orang bilang aku gendut banget. Well,,mungkin karna saat itu ada teman seperjuangan juga, Andin, yang mengalami nasib yang sungguh mirip. Bahkan lebih banyak naiknya,,hampir 2x lipatku..hehe (piss ndin;p).
Jadi aku ngrasanya belum parah bgt...dan lagi pacarku juga ga komplain sama sekali tuh.
Bahkan dia senantiasa siap sedia menyuplaiku dengan berbagai makanan dan minuman supaya aku sehat dan ga sakit-sakit lagi..
Bener-bener my guilty pleasure..

Tapi sayangnya, tragedi itu tidak berakhir di situ saja.
Yup,, proses penggendutan masih berlanjut saat aku sudah lulus S1 dan mulai koas.
Pas udah mue koas, pola makanku sungguh kacau!
Bayangin aja, aku sarapan pagi jam set 8 pake susu plus roti, Jam 10 di kampus pasti di ajak makan sama temen2 di kantin, pulang koas jam 3-4 makan lagi sama temen2, nanti malem jam 8an makan lagi ma temen kos.
Gimana ga gendut coba??? Aaaaargggghhh.....

Daaan,,,seperti sebelum-sebelumnya beratku naik lagi,,badanku melar lagi..
Tapi kali ini sudah tak bisa dibiarkan,, beratku almost 50!! sungguh luar biasa..
makanya wlopun bener2 benci yang namanya diet,,kali ini tampaknya terpaksa kulakukan..
Mari kencangkan ikat pinggang,,tahan segala macam godaan dan hawa nafsu,,,mari kita mulai berdiet..


Doakan saya ya teman2...saya pasti bisa!!


0 komentar: